Rabu, 08 Desember 2010

Secuil tentang Statistika dalam Kehidupan

Apakah statistika itu?
adalah satu pertanyaan yang kerap kali muncul ketika orang mendengar kata statistika.

Statistika dapat diartikan sebagai ilmu yang digunakan untuk mengolah data numerik.Lalu tak jarang muncul pertanyaan, apakah kegunaan atau manfaat yang kita peroleh dari mempelajari statistika itu sendiri?Guna atau manfaat dari mempelajari statistika adalah membantu dalam pengambilan keputusan yang digunakan dalam menjalankan aktivitas kehidupan. Contohnya di bidang pendidikan, statistika dapat digunakan untuk menghitung rata-rata nilai atau pencapaian dari tiap-tiap mata pelajaran yang hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan atau kebijakan-kebijakan mengenai proses belajar mengajar yang akan diselenggarakan berikutnya. Di bidang industri, statistika dapat digunakan untuk menghitung peluang dalam membuka suatu usaha atau industri dengan pencarian data-data yang mendukung, untuk kemudian dapat digunakan dalam mengambil keputusan untuk menghasikan produk. Di bidang ekonomi,statistika juga dapat digunakan untuk menghitung rata-rata keuntungan dari suatu usaha atau bisnis, rata-rata penjualan, pembelian produk, dan masih banyak lagi.


Dalam statistika terdapat beberapa unsur yaitu : keputusan, kriteria keputusan, dan data historis. Data historis adalah data tentang hal-hal atau kejadian yang sudah terjadi. Contoh penyajian data historis yang sering muncul adalah tabel.
Statistika juga mengarahkan kita untuk memiliki suatu kerangka berpikir dalam penyelesaian suatu masalah. Apa itu kerangka berpikir? Kerangka dapat diartikan sebagai landasan atau penyangga. Sedangkan berpikir dapat diartikan sebagai proses mengolah informasi atau data dengan menggunakan otak untuk melakukan aktivitas kehidupan. Jadi kerangka berpikir dapat diartikan sebagai landasan untuk mengolah informasi menggunakan otak untuk melakukan aktivitas kehidupan. Dengan memiliki suatu kerangka berpikir yang baik, diharapkan dapat memunculkan suatu model atau suatu representasi yang dapat membentuk suatu sistem yang terintegrasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Dari sedikit uraian tentang statistika di atas, dapat kita lihat bahwa ternyata mempelajari statistika memberikan banyak manfaat, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menyelesaikan permasalahan dalam industri, ekonomi, dan bidang- bidang kehidupan lainnya.

Yuk belajar statistika.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar